Fitur Telepon Rumah

L a c a k  (Call Forwarding).

  • Fasilitas untuk mengalihkan panggilan telepon ke nomor yang dikehendaki oleh pemakainya.
  • Pengalihan bisa ke telepon biasa, interlokal, internasional maupun telepon seluler.
  • Panggilan dialihkan jika tidak dijawab atau sedang sibuk.

Manfaat

  • Pesan-pesan penting langsung dapat diterima tanpa harus tertunda.
  • Tidak kehilangan pesan-pesan penting yang masuk melalui telepon, sebab panggilan dapat dialihkan ke telepon lain di tempat sedang berada, misalnya di kantor.
  • Tak perlu memberikan banyak nomor telepon kepada rekan

Cara Berlangganan :

  •  
    • Bisa diaktifkan dengan mendatangi Service Point 
    • Hal yang perlu dibawa : rekening tagihan telepon bulan terakhir (asli), fotocopy tanda pengenal (KTP / SIM) dan pemilik rekening telepon harus datang sendiri ke Service Point

Cara Penggunaan

Penggunaan Sentral EWSD Sentral NEAX Sentral AT&T
Memprogram pengalihan panggilan Tekan * 2 2 * lalu       Tekan nomor telepon yang dikehendaki dan   Tekan # Tekan * 2 2 * lalu        Tekan nomor telepon yang dikehendaki dan Tekan # Tekan * 2 2 * lalu      Tekan nomor telepon yang dikehendaki dan    Tekan #
Pengaktifan pengalihan Tekan * 2  3 # sudah aktif setelah terprogram sudah aktif setelah terpogram
Menonaktifkan pengalihan Tekan # 2 3 #

-

-

Menghapus program Tekan # 2 2 # Tekan # 2 2 # Tekan # 2 2 #

Nada Sela  (Call Waiting)

  • Fasilitas pada layanan telepon yang memungkinkan untuk mengetahui panggilan telepon lain yang hendak masuk pada saat sedang melakukan pembicaraan 
  • Dimungkinkan juga untuk mengadakan pembicaraan dengan penelepon pertama atau penelepon kedua secara bergantian

Manfaat

  • Penyampaian pesan yang masuk tak akan tertunda lagi, walaupun telepon sedang sibuk
  • Tidak perlu khawatir menggunakan telepon pada saat menunggu suatu panggilan penting
  • Efesien waktu, karena dapat melakukan pembicaraan dengan dua orang sekaligus secara bergantian.
Cara Penggunaan
  • Jika sedang melakukan pembicaraan dan terdengar nada tut..tut..tut.. di telepon menandakan ada panggilan lain yang akan masuk
  • Untuk menerima panggilan kedua tersebut tekan kontak kait (atau tombol flash) satu kali
  • Untuk kembali ke panggilan pertama tekan kontak kait (atau tombol flash) satu kali lagi
  • Untuk mengaktifkan Nada Sela : angkat handset telepon, kemudian tekan  * 3 0 #
  • Untuk menonaktifkan Nada Sela : angkat handset telepon, kemudian tekan   # 3 0 #

Trimitra (Three Party Calling)

  • Trimitra merupakan fasilitas yang memungkinkan untuk melakukan panggilan lain pada saat sedang berbicara lewat telepon
  • Fasilitas memungkinkan untuk melakukan pembicaraan tiga arah pada waktu yang bersamaan dengan dua rekan / keluarga anda lainnya
Manfaat
  • Hemat waktu: cukup dengan menggunakan pesawat telepon, dapat menghubungi dua rekan pada saat yang bersamaan 
  • Hemat biaya: biaya dapat dihemat karena pembicaraan dengan dua rekan dapat dilakukan tanpa harus bertatap muka secara langsung. 
  • Praktis: mudah mengopersikannya dan langsung dapat digunakan
Cara Berlangganan
  • Bisa diaktifkan dengan mendatangi Service Point 
  • Hal yang perlu dibawa : rekening tagihan telepon bulan terakhir (asli), fotocopy tanda pengenal (KTP / SIM) dan pemilik rekening telepon harus datang sendiri ke Service Point.
Cara Penggunaan
  • Telepon rekan A, setelah dijawab tekan kontak kait ( jika ingin ber-trimitra ) 
  • Kemudian telepon rekan B, dan untuk bicara bertiga, tekan kontak kait 2 kali, maka Anda akan bisa berbicara bertiga.

Sandi Nada (Abbreviated Dialling)

Fasilitas pada layanan telepon untuk mensandikan nomor telepon yang dipanggil menjadi nomor yang singkat dan mudah diingat
Manfaat
  • Mengurangi terjadinya kesalahan dial 
  • Mempercepat proses panggilan 
  • Memudahkan mengingat nomor telepon relasi
Cara Penggunaan
Penggunaan Sentral EWSD Sentral NEAX Sentral AT&T
Menyimpan nomor telepon tekan * 5 1 * X X * lalu tekan nomor telepon yang disimpan dan akhiri dengan menekan tanda # tekan * 5 1 * X X * lalu tekan nomor telepon yang disimpan dan akhiri dengan menekan tanda # tekan * 5 1 * X X * lalu tekan nomor telepon yang disimpan dan akhiri dengan menekan tanda #
Memanggil nomor yang disingkat tekan * * X X tekan * * X X tekan * * X X
Menghapus nomor yang disingkat tekan # 5 1 * X X # tekan # 5 1 * X X # tekan # 5 1 * X X #
XX = nomor singkatan kombinasi 2 angka (maksimum 100 nomor).
Bisa nomor lokal, sljj, handphone dan sli
   

Andara (Direct HotLine)

Definisi
  • Direct Hotline adalah Fitur sentral yang memungkinkan pesawat telepon secara otomatis terhubung ke nomor tertentu langsung setelah Handset diangkat
  • Dengan adanya fitur ini maka untuk pemakaiannya pesawat telepon tersebut tidak memerlukan proses dial, dan hanya dapat tersambung ke nomor yang sudah ditetapkan. Hal ini akan menguntungkan pelanggan(pemakai) karena tidak perlu menghapalkan nomor telepon tujuan, dan akan terhindar dari kemungkinan salah sambung
  • Fitur ini tidak memerlukan aktivasi dan deaktivasi oleh pelanggan tetapi sudah ditangani oleh operator sentral
Manfaat
  • Menghindari salah sambung karena kesalahan men-dial 
  • Cocok untuk sambungan khusus antara lain :
    • Dial-Up akses Internet 
    • Mesin ATM (automatic teller machine) milik bank 
    • Mesin otorisasi kartu debit atau kredit 
    • Koordinasi dalam suatu perusahaan atau instansi Pemerintah 
    • Mencegah dipakainya pesawat telepon untuk hubungan ke nomor lain
Cara Berlangganan
Bisa diaktifkan dengan melalui Service Point terdekat atau langsung melalui Call Center 147

Hunting

  • Fasilitas pada layanan telepon bagi yang memiliki lebih dari satu sambungan telepon, sehingga pemanggil/relasi hanya cukup mengenal satu nomor telepon saja
  • Sistem hanya mengubah proses panggilan, yaitu secara otomatis dialihkan ke telepon lain bila yang dituju sedang sibuk
Manfaat
Relasi hanya perlu tahu satu nomor telepon saja, dari beberapa sambungan yang dimiliki
Cara Berlangganan
Persyaratan yang wajib dipenuhi utk pelanggan yang mengajukan Hunting sbb:
  • Nomor-nomor telepon yang akan dihunting terdaftar pada nama dan alamat yang sama
  • Jika nama tidak sama, harus di-Balik Nama dulu dengan biaya yang berlaku pada saat itu di Serpo terdekat
  • Surat Permohonan dari si pemilik telepon atau yang dikuasakan (dilengkapi Surat Kuasa) sesuai nama pada Siska

K e y w o r d

Fitur Keyword adalah suatu fasilitas dari sentral telepon yang memungkinkan pelanggan dapat membatasi panggilan keluar berdasarkan level akses ( kelas traffik )/ tujuan ( untuk incoming only, local only atau lokal dan SLJJ/SLI)
Manfaat
  • Pelanggan dapat mengatur pemakaian teleponnya
  • Menghindari pemakaian telepon oleh yang tidak berhak 
  • Sebagai kunci pengaman
Cara Berlangganan
Hubungi 147 atau Service Point Terdekat
Cara Penggunaan
  • Aktivasi : *34* Keyword* Level Akses# 
  • Deaktivasi : #34* Keyword# 
  • Keyword = 4 Digit (Ditentukan oleh operator sentral)
  • Catatan : Level Akses :
    • (-1) : Incoming Only 
    • (-2) : Local Only 
    • (-3) : Local & SLJJ
  • Setiap Prosedure harus ditunggu sampai dengan terdengar nada khusus yang menandakan fitur tersebut sudah aktif
About these ads

4 Tanggapan

  1. Bagaimana cara mengetahui nomor tlp masuk di tlpn rmh.tlng tlpn q slalu mendapat teror&orang2gk bertanggung jwb yg mengatas namakan telkom untuk menipu.thanks…..

  2. Terimakasih informasinya sangat membantu saya

  3. fitur itu berarti bisa d non aktif kan untk smntara waktu, dalam arti kalo kita ingin melacak saja… atau aktif stiap hari???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: